Selasa, 26 November 2013

Topan Haiyan terjang Vietnam, 13 warga tewas

Topan Haiyan terjang Vietnam, 13 warga tewas

 

Sindonews.com - Sedikitnya 13 orang warga Vietnam dilaporkan tewas setelah super topan Haiyan melewati wilayah utara Vietnam dari China, Senin (11/11/2013), seperti dilansir NHK, Selasa (12/11/2013).

Sejumlah media lokal Vietnam mengabarkan, sedikitnya 13 orang dilaporkan tewas, sementara 81 orang lainnya menderita luka-luka setelah topan Haiyan menghantam Provinsi Quang Binh dan provinsi lainnya. Salah satu korban tewas dikabarkan adalah seorang wartawan.

Sebelumnya, guna mengantisipasi kedatangan topan, sebanyak 880 ribu orang yang tinggal di wilayah pesisir Vietnam telah dievakuasi ke lokasi yang aman. Lebih dari 200 penerbangan di Bandara Hainan ini telah dibatalkan atau ditunda.

Pemerintah Vietnam belum dapat mengungkapkan berapa jumlah besar kerugian yang telah ditimbulkan topan Haiyan. Yang pasti, hingga kini topan tersebut dilaporkan telah menghancurkan dan merusak lebih dari 800 rumah dan membuat aliran listrik padam.

Tuoi Tre, harian lokal Vietnam melaporkan, sebanyak 250 warga di lepas pantai Provinsi Quang Tri telah telah dievakuasi ke bawah tanah selama beberapa hari.

Meski kekuatan Topan Haiyan telah menurun menjadi badai tropis, namun badai tersebut masih tetap berpotensi menjadi ancaman bagi warga Vietnam dengan kekuatan 120 km per jam.

 


 

 



 

 

 

Tidak ada komentar: